Untuk Info Pemesanan Hubungi : DONNI (021)-82635228 | HP: 0812 9031 0343 | 0812 8130 5272 (WA)

Facebook Twitter  Google+ Instagram Linkedin

Filosofi Terbentuknya Pipa Seamless

Filosofi Terbentuknya Pipa Seamless 
Apa itu Pipa Seamless? Dalam Pekerjaan mekanikal - plumbing, kita sering menjumpai material Pipa. Secara umum, Pipa dapat diartikan sebagai suatu benda yang relatif panjang, memiliki lubang dan berfungsi untuk memindahkan sebuah zat ataupun materi yang memiliki karakteristik dapat mengalir. Materi tersebut dapat berupa cairan, gas, uap, zat padat yang dilelehkan ataupun butiran yang sangat halus.

Pada kesempatan kali ini, akan kami postingkan salah satu jenis material Pipa, yaitu Pipa seamless. Bagi orang mekanikal, Pipa Seamless mungkin tidak asing lagi. Tetapi bagi orang non mekanikal mungkin masih bertanya - tanya apa itu Pipa Seamless? bagi orang yang bekerja di proyek, meskipun kita tidak orang mekanikal, tetapi kita juga harus tahu jenis Pipa yang satu ini.

Pipa Seamless dalam arti bahasa adalah Pipa tanpa sambungan. Dalam praktek pembuatannya, Seamless Pipe memang merupakan Pipa yang dibentuk tanpa membuat sambungan sama sekali, sehingga tidak ada bagian dari Pipa yang pernah terganggu atau berubah materialnya akibat panas pengelasan. Pipa ini dibuat dari baja silinder pejal, yang dilubangi dalam kondisi hampir meleleh, biasa disebut billet.

Dengan metode pembuatan tanpa join tersebut, Pipa yang dihasilkan dapat lebih baik karena kualitas baja yang dihasilkan adalah hampir sama pada setiap area permukaan pipa. Selain itu, ketebalan dengan menggunakan metode ini, pipa yang memiliki ketebalan berapapun memungkinkan untuk di produksi. Biasanya Pipa sejenis ini dibuat untuk ukuran diameter dibawah "8".

Pipa Seamless telah digunakan manusia ribuan tahun yang lalu. Pipa yang pertama ada, digunakan untuk mengaliri air dari sungai ke ladang. Di cina Pipa digunakan untuk memindahkan air ketempat yang diinginkan, melalui bambu sejak 2000 tahun sebelum masehi. Pada awal abad ke -16 tepatnya tahun 1652 bangunan air dibuat di boston menggunakan kayu yang berongga sebagai pengganti Pipa baja yang belum ditemukan. Pada tahun 1815 Wiliam Murdock menggunakan saluran Pipa untuk mengaliri gas batu bara yang digunakan untuk perorangan di kota London.

Pada tahun 1824 James Russel menemukan metode membuat Pipa Seamless dengan cara menyatukan kedua tepi dari Plat Besi tipis. Pertama - tama metal dipanaskan sampai malleable kemudian dilipat ,dilas dan diselesaikan dengan merolling Pipa yang dilas tersebut. Sekarang teknis dalam pembuatan Pipa sangat beragam yang memiliki sifat dan kegunaan pada kondisi tertentu.

Adapun bahan - bahan Pipa sebagai struktur bahan baru Pipa Seamless dapat dibagi secara umum sebagai berikut : 
~ Carbon Steel
~ Carbon Moly 
~ Galvanees
~ Ferro Nikel
~ PVC (Paralon)
~ Chrom moly
~ Stainless Steel
Pipa Hitam Murah

Demikian Sedikit ulasan Tentang Pipa Seamless. Semoga Bermanfaat dan Terimakasih.    

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Filosofi Terbentuknya Pipa Seamless "

Posting Komentar